467 Wisudawan Sarjana Baru di kukuhkan Rektor UHT

SURABAYA, 23 Oktober 2021. Rektor Universitas Hang Tuah (UHT) Prof. Dr. Ir. Supartono, M.M., CIQar beserta jajaran Senat UHT, melakukan pengukuhan sejumlah 467 personel Wisudawan Sarjana baru yang terdiri dari : 171 sarjana Program Diploma 3 Pelayaran, 77 sarjana S1 FTIK, 62 sarjana S1 Kedokteran Farmasi, 41 sarjana S1 FISIP, 10 sarjana S2 Magister Administrasi Publik, 21 sarjana S1 Ilmu Hukum, 13 sarjana S2 Magister Hukum, 11 Sarjana S1 Kedokteran gigi dan 61 sarjana S1 Psikologi di Gedung Graha Samudra Ganesha (Pulau Benggala) Kampus Laut Biru, Jl. Arif Rahman Hakim 150 Keputih Surabaya.

Kebijakan pemerintah terkait PPKM masih diberlakukan, UHT mengoptimalkan kegiatan acaranya melalui On Line & Off Line baik Luring terbatas maupun Daring. Dimana dalam pelaksanaan acara wisuda kali ini, pihak UHT akan menghadirkan langsung sebagian mahasiswanya yang di wisuda di lokasi Gedung Graha Samudera Pulau Benggala, Universitas Hang Tuah, sedangkan personel wisudawan lainnya tetap mengikuti prosesi dari rumah masing masing dengan cara On Line media Zoom, Streaming dan You tube.

Dan ini merupakan Empat kalinya Universitas Hang Tuah dalam menggelar wisuda kelulusan sarjana D3, S1 & S2 secara Off Line & On Line terbatas selama Phisical Distancing tangkal Pandemi Covid 19.

Adapun daftar wisudawan D3, S1 & S2 terbaik nilai akademik serta peraih Kredit Poin tertinggi di keaktifan mahasiswa adalah sbb:

D3 Manajemen Pelabuhan, Eva Tri Angesti, AMd.Tra.(IPK 3,84) Dengan Pujian.

D3 Permesinan Kapal Agus Ariyanto, A.Md.T (IPK 3,80) Dengan Pujian.

D3 Nautika Mohammad Romadhoni, A.Md.Tra (IPK 3,73) Dengan Pujian.

S1 Teknik Perkapalan Rona Ayu Maulidya, ST (IPK 3,68) Dengan Pujian

S1 Teknik Sistem Perkapalan Ratna Indriyani, ST(IPK 3,69) Dengan Pujian.

S1 Teknik Elektro Mohammad Akbar Mukti, ST(IPK 3,52) Dengan Pujian.

S1 Oseanografi, Elok Dwi Astuti, S.Si (IPK 3,57) Dengan Pujian.

S1 Ilmu Perikanan, Muhammad Faishal Shafry, S.Pi (IPK 3,85) Dengan Pujian.

S1 Farmasi, Nadiyah Nur Azizah, S.Farm (IPK 3,40) Sangat memuaskan.

S1 Administrasi Publik, Navy Armia Ramadhanti, SAP (IPK 3,82) Dengan Pujian.

S1 Administrasi Bisnis, Ainun Robiah Lailah Saadah, SAB (IPK 3,89) Dengan Pujian

S2 Administrasi Publik Arif Handono, MAP (IPK 3,62) Memuaskan.

S1 Hukum, Dita Avionita Ristiyanti, SH.(IPK 3,84) Dengan Pujian.

S2 Hukum Muhammad Jodi Ardi, MH. (IPK 3,96) Dengan Pujian.

S1 Pendidikan Dokter Gigi, Isna Amalia Maulida, SKG (IPK 3, 31) Sangat memuaskan.

S1 Psikologi, Rodiyah, S.Psi (575 Poin) Kredit Poin tertinggi mahasiswa wisudawan.

 

Di hadapan perwakilan Wisudawan dan undangan terbatas Rektor dalam sambutannya

“Dalam menjabarkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, UHT masih tetap konsisten dengan visi dan misinya di kemaritiman. Ini bisa di lihat dari proses pembelajaran pada semua kurikulum program studi yang di ajarkan kepada mahasiswa, selama ini selalu berorentasi dengan mata kuliah muatan lokal IPTEKS kelautan dan kemaritiman serta usaha pengembangan mutu diri melalui pengajuan bentukan prodi S3”.

“Dalam bidang Penelitian, UHT pun mengararahkan orentasinya kepada pengembangan IPTEKS kelautan, seperti contoh dalam wujud: Pengembangan pembuatan Kapal dari Laminasi Bambu, Pemurnian Garam Laut, pemanfaatan Biota Laut untuk bahan pengobatan, Theraphy Hyperbaric Oksigen untuk mempercepat proses pemulihan kesembuhan kesehatan, Peningkatan Psychological well being bagi Kesehatan para Pelaut, Di bidang Pengabdian dan pelayanan, Melakukan pendampingan masyarakat nelayan Desa pesisir pantai. “.

Wisuda ke 54 Program Diploma 3 dan Strata 1 serta wisuda ke 32  program Strata 2 UHT kali ini telah berhasil menambah total jumlah keseluruhan wisudawan UHT dari awal hingga sekarang menjadi  14.048 sarjana dari Diploma3 Pelayaran 2.446, sarjana S1: 11.003 orang, dan Magister 516 orang.

Menurut Rektor ini merupakan sebuah prestasi yang besar dan luar biasa karena kesemua Sarjana tersebut dilahirkan dari kampus Laut Biru, di tahun 2021 UHT telah mampu melahirkan 2 orang Guru Besarnya, yaitu Prof. Dr. Hj. Dian Mulawarmanti, drg, MS., PBO dan Prof. Dr.dr. Sutarno, Sp.THT., Sp.Kl., SH., MH., CMC secara serempak dan bersamaan dimana tahun 2020 sebelumnya telah lahir mendahului guru besar ahli Hukum yaitu Prof. Dr. M.Khoirul Huda, SH., MH.

Selain prestasi di akademik, 2 orang Mahasiswa Universitas Hang Tuah tahun ini juga mampu mendukung penambahan 2 medali perak lewat prestasi cabang olah raga Beladiri Kurash dan Sepatu Roda mewakili atlit Jatim di PON 2021 Papua, yaitu Savira Diah Fitri Rizkianti mahasiswi Psikologi dan Awliya Fitra mahasiswi Psikologi.

Tidak hanya berhenti dibidang ke Olah Ragaan saja, di pusat Prestasi Mahasiswa dan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, mahasiswa Universitas Hang Tuah juga lolos dalam program pendanaan Kreativitas dan program kewirausahaan serta program pertukaran pelajar MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Kemendikbud Ristekdikti.

Ini adalah bukti dan komitmen Unversitas Hang Tuah selalu mengutamakan prestasi untuk seluruh civitas akademikanya, dan tentunya kesemua ini kedepannya dapat mengisi kekosongan asset bangsa berupa Sarjana dan guru besar yang punya Skill Komparatif, Kompetitif yang tinggi , bertujuan untuk dapat membantu memecahkan satu permasalahan komplek dengan pola piker yang kritis, kreatif, mampu memanage orang, dengan tingkat kecerdasan serta mengambil keputusan yang cepat dan tepat, “

Dihadapan seluruh tamu undangan yang hadir, Wadan Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariyadi, mewakili Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, SE., MM, para pangkotama TNI Al wilayah Surabaya, Pimpinan & Pengurus harian Yayasan Nala, Kepala LL Dikti wilayah VII Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA, undangan Rektor perguruan tinggi Surabaya, Senat UHT, Dosen dan keluarga wisudawan, secara simbolis Rektor UHT berkenan menyerahkan daftar nama nama 467 wisudawan sarjana baru, kepada IKA alumni UHT dr Prayogo Wibowo, dr., M.Kes (dosen FK UHT) di akhir acara.

ks.humasuht@2021.

#UHTJaya

#BanggaUHT

#WisudaUHT

#KampusMerdeka