Taruna Pelayaran UHT tempuh Latihan Renang & Selam di Pasir Putih.

SITUBONDO. Barakuda adalah nama sejenis ikan yang hidup di tengah lautan Tropis, dan nama legendaries ikan buas ini di abadikan untuk menjadi sebuah nama Brevet kebanggaan dari Almamater prodi Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya.

Menurut Budi Priyono, S.Sos., MM, Dosen pembimbing Taruna Pelayaran UHT, selaku kepala unit Prada / Prala Taruna PDP Universitas Hang Tuah, mengatakan untuk mendapatkan kualifikasi sertifikat Brevet Selam Baracuda tidaklah mudah.

Personel Taruna Pelayaran yang menyandangnya di haruskan sudah pernah menempuh 3 tahapan problem Pendidikan latihan dasar yang ditempuh selama 3 hari, di daerah latihan Pantai Pasir Putih, Situbondo jawa timur, meliputi tahapan: Renang, Dayung dan Selam.

Untuk itu saat ini Taruna Diploma Pelayaran UHT sejumlah 111 Siswa peserta Latihan, terdiri dari 99 Taruna Senior dan ,12 Taruna Yunior,serta melibatkan instruktur pelatih dari Korps Marinir dan sekolah Penyelaman Kodiklatal (Komando Pendidikan & Latihan TNI Angkatan Laut) Bumi Moro Surabaya melakukan problem latihan wajib tersebut dan acara latihan Dasar Selam Baracuda tersebut di buka resmi oleh Direktur Program Diploma Pelayaran 3 Universitas Hang Tuah, Djamaludin Malik, SE., MAP., ANT-II. Jumat (29/10)

Hari ke 2 dilokasi latihan Selam Baracuda, Rektor Universitas Hang Tuah Surabaya, Prof. Dr. Ir. Supartono, MM., CIQaR, sempat melakukan peninjauan langsung ke daerah lokasi latihan Pasir Putih Situbondo. Sabtu (30/10).

Dalam kesempatan kunjungannya di lokasi, Rektor menekankan kepada seluruh peserta terlibat latihan, Taruna, Tendik staf Batalyon pendamping, Pelatih dan Dukkes, Self Safety keamanan personal harus betul betul di perhatikan, Keselamatan diri dan tim harus di utamakan, untuk peserta Taruna perlu di waspadai lanjut agar setiap melakukan tahapan tindakan problem latihan, mereka harus sudah betul betul mampu memahami tindakan apa yang harus di perbuat dengan tidak meremehkan aba aba instruksi dari pelatih dan pendamping lapangan.

  1. ks.humasuht@2021