Debat Nasional Bahasa Inggris antar Mahasiswa PTN & Swasta se Tanah Air

SURABAYA. Kepala Pusat Bahasa Universitas Hang Tuah (UHT) selaku penyelenggara Lomba Debat Bahasa (Inggris & Indonesia) antar mahasiswa PTS & PTN tahun 2022, Avita Dewi Prastiwi, S.Pd., M.Pd, melalui Realese resminya kepada penulis mengatakan:” UHT sebagai kampus Merdeka Merdeka Belajar lewat Lembaga Pusat Bahasa (Pusbasa) yang berlokasi di Gedung GC Pulau Salando Kampus Laut Biru, baru baru ini menyelenggarakan lomba Debat Bahasa Inggris tingkat Nasional kepada mahasiswa PTS & PTN, adapun maksut dan tujuannya  adalah kecuali ajang silaturrohmi adalah menggali kembali bakat & Skill terpendam mahasiswa melalui jalur prestasi debat, Critical thinking untuk mengasah kemampuan bahasa mereka dengan baik dan benar, melalui ajang lomba ini panitia berharap  mereka mengemukakan pendapatnya di hadapan para Juri melalui Bahasa sistimatis dan pakai Dasar.

Lomba Debat Bahasa berlangsung seru melalui system Webinar On Line. Adapun jumlah mahasiswa peserta debat adalah Sbb: Debat Bahasa Inggris diikuti 17 tim mereka adalah perwakilan dari PTS & PTN nasional dan Debat Bahasa Indonesia diikuti oleh 20 tim dari PTS & PTN seluruh tanah air. Sabtu (05/02)

Pusbasa UHT juga menggandeng 10 personel Dewan Juri independent, mreka didatangkan dari luar UHT, dan ditunjuk sebagai ketua tim dewan juri lomba Debat Bahasa adalah Bp. Rizal Kuddah, Sp.d., M.pd, Dosen AAL & Unair.

Menurut Kapusbasa UHT Avita Lomba terdiri dari 2 Prelimnary Session dengan system British Parliamentary dan setiap lomba diambil 4 pemenang, dan pemenangnya akan mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan.

 

Adapun hasi Lomba Final Debat Bahasa Inggris sbb:

Juara 1 Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hng Tuah. Bagas Atallah Prawira Yudha & Cindi Kalista Limanto.

Juara 2 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga..Natasya Rahmasari & Febri Ardiansyah

Juara 3 Fakultas Kedokteran Universitas HangTuah.. Finnesia Ariska & Rr. Mutia Devania Samara Qalba.

Juara 4 Universitas Islam Negeri Cirebon. Dhea Ayu Paramitha & Ifa Fatimah.

 

Hasil Lomba Final Debat Bahasa Indoneia:

Juara 1 OG Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Anggun Utami & Nandita Maharani Putri

Juara 2 CO Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Fina Rahmatika & Rohmatin Dwi arti.

Juara 3 CG Universitas Negeri Riau. Tara Raf Ananda & Victor Fernando Panjaitan.

Juara 4 OO Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hang Tuah. Abigail Tallo & Fransisca Angelina Purnama.

Acara lomba Debat di buka oleh Rektor UHT, Prof. Dr. Ir. Supartono, MM., CIQaR dalam pidato sambutannya di depan seluruh peserta yang hadir Rektor berharap, dengan adanya acara lomba Debat ini, kedepan para mahasiswa diharapkan mampu berlatih bekerja sama secara tim work dengan teman temannya, mahasiswa dilatih untuk menyampaiakan suatu pendapat dan argumentasinya secara logis, sehingga diharapkan akan punya pola pikir yang kritis Critical Thingking, mengedepankan fakta tanpa melibatkan emosi.

Ikut hadir meninjau lokasi jalannya lomba Debat, Wakil Rektor 1 UHT, Prof. Dr. Hj. Dian Mulawarmanti, MS., PBO, Warek 2 Bambang Sucahyo, drg., Sp.Ort, Warek 3 Dr. Sulistyanto, SE., MM., M.Sc., PSC dan para Dekan Fakultas.

 

Ks.humasuht@2022.