120 Mahasiswa Kedokteran gigi UHT Kuliah di atas Kapal Perang

Surabaya, Selasa. 07 Juni 2022. Kuliah di atas kapal perang RI merupakan suatu hal yang Prestise, baru dan bahkan sangat menarik bagi masyarakat awam terutama mahasiswa. Dan ini betul betul terjadi dan dilaksanakan oleh 120 orang mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya smester 2 dengan pendampingan Dosen.

 

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Gigi UHT, Laksma Purn TNI Dr. Nora Lelyana drg., MH.Kes., FICD dalam sambutan pengantar perkuliahan di atas KRI Surabaya 990 yang sedang sandar di pangkalan TNI Angkatan Laut Koarmada 2 Surabaya,

Kali ini materi kuliah Ilmu Kesehatan Kemaritiman (Ikesmas) diberikan kepada mahasiswanya dengan nuansa dan situasi yang berbeda dari biasanya, kali ini mereka sengaja di giring keluar dari Gedung kelas fakultas yang biasa mereka tempati sehari hari untuk menimba ilmu, dengan harapan dengan nuansa yang berbeda akan bisa menambah gairah semanagat belajar secara nyata.

 

Kali ini mereka sengaja kita ajar keluar Gedung kelas untuk menimba materi perkuliahan Ilmu Kesehatan Kemaritiman terkait Sea Survival, Resusitasi Jantung dari dosen Dr. Yanto (Sea Survival Laut), Letnan Laut (K) Ludfi (Resusisati Jantung).

Masih menurut Dr. Nora, dari atas kapal perang sini kecuali sejawat mahasiswa kedokteran gigi mendapatkan bekal ilmu pengetahuan materi Ikesmas, secara langsung dan nyata, mereka semua juga akan mendapatkan ilmu tambahan pelajaran kehidupan nyata tentang bagaimana pekerjaan dan kehidupan nyata sehari hari para personel ABK KRI dalam menjalankan tugas pekerjaannya dalam mengawaki alut sista milik negara berwujud KRI / Kapal Perang.

 

Hal senada dibenarkan Wakil Rektor 1 UHT, Prof. Dr. Hj. Dian Mulawarmanti, drg., MS., PBO dalam kesempatan amanatnya pada saat membuka resmi acara perkuliahan di atas geladak KRI Surabaya 990 mengatakan:” Dirinya setuju dengan system model perkuliahan semacam ini, dan mahasiswa peserta harus mensyukuri, karena model perkuliahan semacam ini belum tentu bisa dinikmati oleh teman teman sejawat Mahasiswa kedokteran gigi dari perguruan tinggi yang lain, bahkan menurut guru besar Ilmu kedokteran Oral UHT ini mengatakan: perguruan tinggi UHT ini adalah masih bagian dari pembinaan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, SE., MM, dimana Kasal adalah selaku Ketua Pembina Yayasan Nala, Yayasan yang menaungi perguruan tinggi UHT saat ini.

 

ks.humasuht@2022