Berbekal Tekad & Juara Robotika TE UHT ikut Maju Berlaga di KRI Puspresnas Ristekdikti 2022

Berbekal Tekad & Juara Robotika TE UHT ikut Maju Berlaga di KRI Puspresnas Ristekdikti 2022 

Event bergengsi yang dilaksanakan di setiap tahunnya oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bagi kalangan akademika mahasiswa dan perguruan tinggi di bidang rancang bangun dan rekayasa robot tahun ini sedang diperlombakan.

Kegiatan yang dibuka mulai April 2022 oleh Puspresnas Kemendikbud Ristekdikti RI di kemas dalam satu wadah event lomba Kontes Robot Indonesia (KRI) 2022. Dan ini adalah merupakan kegiatan event lomba bergengsi yang ke-20 kalinya sejak pertama kali lomba robotika ini di perkenalkan pada public era tahun 2003.

Lewat perwakilan Teknik Elektro (TE) Universitas Hang Tuah dalam ikut meramaikan khasanah lomba robotika ini, Teknik Elektro UHT melalui perwakilan ukm Robot ikut mengeluarkan 2 (Dua) tim andalannya : KRSRI & KRSTI.

Dibawah bimbingan Dosen pembina UKM Robotika Joko Subur, S.T., M.T dirinya berusaha ikut menampilkan Robot andalannya “RI-Hang” untuk mencoba masuk kategori kelas KRSRI (Kontes Robot SAR Indonesia), sejalan dengan tupok fungsi robot karya ciptaan anak asuhnya “RI-HANG” spesialis “Robot Otonom Penyelamat Korban Kebakaran api”.

Dilihat dari bentuk sekilas robot ciptaannya ini, ada kaki sebagai pelengkap sarana melangkah dan berjalan, robot diciptakan bisa melewati rintangan hambatan kelokan yang tajam serta kemiringan 16 derajat.

Tujuh orang mahasiswa Teknik elektro FTIK UHT terlibat dalam rancang bangun KRSRI ini, mereka adalah: Machmud Aqsyah Baharudin Zuchri, Fauzan Faqri W.A, Faisal Arief Prasetya, Faiz Rizqi Dwi Syahputra, Ageng Wicaksono, Eki Arohman,

Adapun robot ciptaan satunya lagi yang ikut maju kontes adalah “TI-HANG” masuk kategori kelas KRSTI (Kontes Robot Seni Tari Indonesia). Dimana perancangnya mendesain khusus menampilkan robot Humanoid, robot yang dapat menari berdasarkan gerakan seni tari dan budaya bangsa di Indonesia. Sesuai tema soal panitia yang harus di selesaikannya. Robot akan menari dengan iringan musik melakukan gerakan wajib yang sesuai dengan tema  dan tugas “Robot Penari Kancet Ledo” yaitu tarian adat dari suku Dayak Kalimantan.

Lewat Dosen pembimbing UKM robotika Sinung Widiyanto, ST., M.Eng, menurutnya robot “TI-HANG” telah dirancang bangun oleh 6 (Enam ) orang mahasiswa Teknik Elektro UHT, mereka adalah Rifki Firmansyah, Anis Imania, Gatra Wahyu Waskita Al Nur Radhi, Bayu Purnama Putra, Isnaendi Febrianto Tampela,

Lewat kesempatan maju ajang lomba robotika tingkat nasional yang diikuti oleh 313 tim peserta perwakilan dari PTN & PTS seluruh penjuru tanah air, kedua robot andalan TE UHT ternyata berhasil lolos maju untuk mengikuti babak lomba penyisihan tingkat I wilayah Barat dan tingkat II wilayah Timur serta andalan KRSRI & KRSTI masuk nominasi wilayah timur, berbekal surat panggilan dari Puspresnas Ristekdikti RI panitia KRI 2022 ternomor 0094/J7.1/KM.02.03/2022, tertanggal 14 Juni 2022. Dua tim robot andalan TE UHT akhirnya berhasil lolos untuk maju ke babak penyisihan Nasional berikut bersama 121 peserta yang lolos ke tingkat pusat di ITS Surabaya sebagai tuan rumah dan panitria penyelenggara.   Ks.humasuht@2022.