You are here: Home News Pelaksanakan Pengabdian Masyarakat Fakultas Psikologi UHT di Desa Paloh Paciran, Lamongan

Universitas Hang Tuah Surabaya

Pelaksanakan Pengabdian Masyarakat Fakultas Psikologi UHT di Desa Paloh Paciran, Lamongan

E-mail Print PDF

                                 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat, adalah merupakan satu dari wujud Implementasi kegiatan Tri Dharma Perguruan tinggi, dan ini telah di laksanakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya di desa Paloh, kecamatan Pacitan Kabupaten Lamongan pada tanggal 28-29 Juli 2017.

Weru komplek, adalah sebutan nama daerah yang terdiri dari empat Desa (Waru Lor, Sidokumpul, Weru dan Paloh). Daerah tersebut terletak di daerah Pesisir Pantai Utara Laut Jawa ujung Timur Paciran, Kabupaten Lamongan, wilayahnya berbatasan langsung dengan Desa Campurejo, Kec Panceng, Kab Gresik.

Desa Paloh merupakan sebuah desa memiliki area seluas 5 Hektar, di huni oleh warga  270 KK. Dan mata pencaharian masyarakatnya adalah Nelayan ikan Tradisional.    

   

Muhammad Shoim 53 tahun, selaku Kepala Desa (Kades) Paloh, mewakili warga masyarakat setempat merasa sangat senang dan terhormat atas kedatangan rombongan dari Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya ke desa Paloh Paciran Lamongan, dalam rangka kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Desanya sangat terbuka untuk dijadikan satu objek penelitian pengabdian masyarakat maupun menjadi sebuah desa binaan Nelayan pesisir pantai utara oleh Universitas Hang Tuah.

Selama Dua hari berturut turut, terpusat di Balai Desa Paloh dan MI - Al Islamiyah Paloh, kegiatan Pengabdian Masyarakat desa Paloh telah di laksanakan dengan lancar.

  

Menurut Wakil Dekan I Fakultas Psikologi UHT, Dra. Dewi Mustami'ah, M.Si., Psikolog selaku Ketua Panitya Pelaksana kegiatan acara Pengabdian Masyarakat Desa Paloh, mengatakan: “35 orang peserta yang bergiat dalam Pengabdian Masyarakat di Desa Paloh, Paciran Lamongan, adalah perwakilan Dosen, Tenaga Kependidikan, serta Mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2015 yang semua di bawa dari Surabaya."

Salah satu bentuk kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, di tujukan kepada kelompok para ibu ibu nelayan, mereka di latih cara efektif mengatur keuangan rumah tangga agar lebih mandiri, belajar mengembangkan potensi diri, mencari tambahan sumber penghasilan lain di luar pendapatan hasil kerja harian dari nelayan, dilatih cara berproduksi, mengolah, mengembangkan dan memasarkan hasil olah tangkapan ikan Laut segar, dengan tujuan untuk di proses ulang menjadi bahan baku Kosumsi Abon Ikan, Proses pelatihan ini di pandu langsung oleh Tim dari Laboratorium Prodi Perikanan Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan (FTIK) UHT Surabaya.”

   

"Sedangkan untuk kelompok Manula diberikan motifasi Fisik dan Psikis agar hidup mereka kelak akan lebih layak dan lebih manusiawi lagi, Sejahtera dan Sehat di hari tua.”

Di bidang Pendidikan di tingkat Paud, Tim UHT melibatkan langsung dengan para guru Paud Paloh setempat. Harapan akhir Wakil Dekan I Fakultas Psikologi UHT selaku Ketua panitya pelaksana, sekaligus mewakili Rektor UHT Dr. Ir. Sudirman. S.IP., SE., M.AP, menyampaikan bahwa berharap seluruh Para Dosen Psikologi UHT yang terlibat  dalam kegiatan Pengmas ini di tuntut untuk aktif Mendharma Baktikan ilmunya dengan jalan: melakukan penelitian, dan hasilnya penelitian, temuan temuan dari informasi masyarakat setempat agar segera ditindak lanjuti serta di kembangkan lebih lanjut ”. 

 
 
  
Last Updated ( Tuesday, 01 August 2017 16:55 )  

Gedung UHT

Gedung Kampus Biru Universitas Hang Tuah

Civitas UHT

 Civitas Akademika Universitas Hangtuah Surabaya

UHT Bersertifikasi

OVS ES Microsoft

 

Google Apps For Education

SMART ENGINEERING SIMULATION