Satu Dosen Reviewer Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kemendikbud Ristekdikti Lahir di UHT  

Satu Dosen Reviewer Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kemendikbud Ristekdikti Lahir di UHT  

Surabaya, Oktober 2022. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ristek telah meluncurkan program unggulan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang di implementasikan lewat jalur Pogram Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB).

MSIB di dalamnya ada sebuah tolok ukur uji coba kerja magang mahasiswa di dunia kerja nyata industry dan di dalamnya ada beberapa tahapan hasil penilaian.

Melalui 42 perusahaan tercatat sebagai mitra kerja Ditjen Dikti, MSIB memberikan kesempatan yang luas kepada mahasiswa untuk belajar dan berlatih secara nyata karena bekal keilmuan dan pengalaman kerja magang yang ada bisa dijadikan bekal untuk bergiat aktif kerja kedepannya.

MSIB juga bisa berperan menjembatani dan mengamankan ketersediaan talenta berkualitas bagi industri nasional yang membutuhkan solusi alternatif untuk mendapatkan talenta yang sesuai dengan kualifikasi dan cocok dengan budaya organisasi, sehingga bisa memberikan kontribusi info yang nyata dalam jangka waktu yang lama.

Lewat MBKM melalui satu program unggul MSIB, Kemendikbud Ristekdikti melakukan ajang kompetisi seleksi tes dosen Reviewer Pogram Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) tahun 2022.

Salah satu hasilnya adalah terpilihnya perwakilan dosen Universitas Hang Tuah (UHT) ibu Rini Fatmawati, S.Sos., M.SM. sebagai peserta seleksi yang berhasil lulus tes saat itu, mampu membawa catatan tambahan satu lagi nilai prestasi akademik bagi kampus laut Biru UHT. Dengan keberhasilannya telah mampu Lolos melewat tahapan uji seleksi kompetisi Dosen Reviewer Program MSIB yang di selenggarakan oleh Kemendikbud Ristekdikti RI tahun 2022 .

Menurut penuturan Rini dirinya selaku dosen tetap FISIP UHT uji seleksi kompetisi Dosen Reviewer Program MSIB 2022 diikuti oleh seluruh perwakilan PTN & PTS yang ada di seluruh Indonesia.

Adapun sebagai gambaran lanjut tugas dari Dosen Reviewer Kemendikbud Ristekdikti menurut Rini adalah: untuk menganalisa, memastikan bobot nilai kualitas dan kuantitas mutu pengajuan tulisan proposal MSIB mahasiswa/dosen, Sebagai Dosen Reviewer juga diharapkan mampu melakukan pendampingan dan pembimbingan tulisan acuan aju proposal secara baik dan benar, Rini berharap untuk tahun ke depannya akan banyak lagi para Dosen sejawat dan Mahasiswa talenta UHT yang bisa diandalkan ikut terlibat banyak program unggulan dari Kemendikbud Ristekdikti . Ks.humasuht@2022