
FISIP UHT Bersama Kelurahan Keputih Kota Surabaya Bersinergi Meningkatkan Kompetensi Pelayanan Publik
Program Doktor Administrasi Publik (DAP) FISIP Universitas Hang Tuah (UHT) telah melakukan serangkaian kegiatan dalam pengabdian masyarakat di kelurahan binaan sebagai implementasi dari Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Kecamatan Sukolilo dengan FISIP Universitas Hang Tuah selama bulan April – Agustus 2024. Kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan 2 orang dosen dan 4 orang mahasiswa dan bersinergi dengan Pemerintah Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya.
Sebanyak 23 orang aparatur Kelurahan Keputih mengikuti pelatihan, workshop dan pendampingan selama kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung di Kantor Kelurahan Keputih. Fajar Febriansyah selaku Lurah Keputih menyambut baik program kegiatan dari FISIP UHT ini sebagai upaya untuk membantu para aparatur kelurahan untuk meningkatkan kapasitasnya dalam melakukan tugas utamanya melayani masyarakat melalui pelayanan publik yang prima.
Pengabdian masyarakat ini mengangkat permasalahan komunikasi publik para aparatur Kelurahan Keputih yang terkait dengan etiket pelayanan publik dan komunikasi efektif para aparatur kelurahan dalam menunjang kinerjanya. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang berkesinambungan dengan topik pengabdian masyarakat yang telah dilakukan sebelumnya oleh Fakultas Vokasi Pelayaran (PVP) UHT tentang kinerja dan manajemen pelayanan publik.
Pelatihan etiket pelayanan publik dilaksanakan pada 19 Juli 2024 di Balai Kelurahan Keputih yang dihadiri oleh seluruh aparatur kelurahan. Tim Pengabdi sebelumnya sudah melakuan observasi sekaligus melakukan koordinasi kegiatan untuk menggali permasalahan dengan Lurah Keputih sebelum kegiatan dilaksanakan. Ketua Tim Pengabdi sekaligus fasilitator pelatihan Sri Wahyuni dari Program Studi DAP FISIP UHT memberikan topik menarik mengenai budaya perjumpaan dalam Hospitality para aparatur kelurahan ketika melakukan pelayanan kepada masyarakat berdasarkan Kepmen PAN No.63 Tahun 2004 sebagai kewajiban para abdi negara. Pelatihan ini dilanjutkan dengan simulasi yang dipraktikkan langsung oleh aparatur kelurahan yang hadir melalui roleplay yang mengangkat permasalahan yang terkait dengan etiket pelayanan publik. Para mahasiswa baik S1, S2 dan S3 juga dilibatkan dalam simulasi etiket pelayanan publik, yaitu Siti Rosalinda dan Ellya Meidina (Mahasiswa Administrasi Publik-S1), Moch. Faizal Amin (Mahasiswa Magister Administrasi Publik-S2), Deasy Arieffiani dan Sapit Hidayat (Mahasiswa Doktor Administrasi Publik-S3) serta Nassa Yulinda Sari (Tenaga Kependidikan FISIP).Peserta pelatihan etiket pelayanan publik antusias dalam mengikuti pelatihan dan simulasi dengan memberikan tanggapan terkait permasalahan ketika melakukan pelayanan di kantor kelurahan. Lurah Keputih mengakui bahwa selama ini belum ada pelatihan terkait etiket pelayanan publik dan belum memiliki SOP terkait hal ini, sehingga pelatihan ini menjadi upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik (Excellent Service). Tim Pengabdi juga menindaklanjuti dengan melakukan pendampingan setelah program berlangsung dan observasi langsung di Kantor Pelayanan Kelurahan Keputih. Tim Pengabdi melihat perubahan yang siginifikan dari aparatur kelurahan pasca pelatihan yang dilihat dari perilaku melayani yang semakin baik dan dapat dirasakan dampaknya langsung oleh masyarakat yang datang ke kantor kelurahan.

Pentingnya komunikasi efektif dalam meningkatkan kinerja pelayanan publik para aparatur Kelurahan Keputih menjadi penekanan dalam rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat Tim Pengabdi pada 22 Agustus 2024 dengan mengadakan worshop sekaligus evaluasi kegiatan selama kegiatan berlangsung. Dalam worshop ini, Deasy Arieffiani yang merupakan mahasiswa DAP, memberikan materi terkait komunikasi efektif dan evaluasi kegiatan difasilitasi oleh Kamarudin yang merupakan dosen Fakultas Hukum (FH) UHT sebagai anggota Tim Pengabdi. Deasy menekankan manfaat melakukan komunikasi efektif, yaitu (1) Meningkatkan Koordinasi dan Produktivitas: Komunikasi efektif membantu meningkatkan koordinasi antar tim dan individu, sehingga meningkatkan produktivitas kerja, (2) Menghindari Miskomunikasi. Komunikasi yang efektif dapat menghindari terjadinya ketidaksepahaman atau interpretasi yang salah, sehingga mengurangi miskomunikasi, (3) Mendorong Dukungan Tim. Komunikasi efektif dapat memperkuat dukungan tim dan meningkatkan kebahagiaan tim, sehingga meningkatkan keterlibatan dan kepemilikan karyawan serta (4) Mengurangi Konflik: Komunikasi yang efektif dapat membantu dalam pencegahan atau penyelesaian konflik dengan lebih efisien, sehingga meningkatkan kinerja dan produktivitas tinggi.

Anang selaku Sekretaris Lurah Keputih dalam evaluasi kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan terkait dengan etos kerja sebagai topik pengabdian selanjutnya untuk meningkatkan kinerja aparatur Kelurahan Keputih. Para peserta worshop juga menyampaikan tanggapan terkait tugas mereka melayani masyarakat khususnya meningkatkan pemahaman terhadap karakter masyarakat yang dilayani terutama generasi muda yang dianggap secara umum memiliki etika yang kurang baik ketika berada di organisasi pelayanan publik seperti di kelurahan. Selain itu, strategi yang tepat dalam memecah komunikasi yang tidak efektif menjadi upaya yang terus menerus dilakukan dilingkup kelurahan Keputih agar kinerja serta kepuasan masyarakat dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan dalam waktu ke depan, seperti (2) Fokus pada Kejelasan Pesan, memastikan bahwa pesan jelas dan ringkas untuk menghindari kesalahpahaman (2) Memberikan perhatian penuh, memberikan perhatian penuh saat berkomunikasi dengan orang alain untuk memastikan pesan dipahami dengan baik. (3) Menggunakan Aplikasi komunikasi Tim, memanfaatkan aplikasi komunikasi tim untuk menyederhanakan komunikasi dan meningkatkan efisiensi. (4) Aktif mendengarkan, berlatih mendengarkan secara aktif dengan memperhatikan, mengajukan pertanyaan klarifikasi, dan merefleksikan kembali apa yang didengar. (5) memilih Metode komunikasi terbaik untuk setiap situasi, seperti tatap muka, email, atau platform konferensi video. (da)
Universitas Hang Tuah
Excellence in Maritime Education