
HIMAPICUP E-Sport Cup Tournament Mobile Legends Universitas Hang Tuah Surabaya: Wadah Kreativitas dan Bakat Siswa-Siswi SMA/SMK Se-Surabaya Raya
Surabaya, 22 Februari 2025 – Kegiatan E-Sport kini semakin populer di kalangan generasi muda, dan Universitas Hang Tuah Surabaya turut ambil bagian dalam perkembangan ini melalui penyelenggaraan HIMAPICUP E-Sport Cup Tournament Mobile Legends pada 21-22 Februari 2025. Turnamen yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMAPI) ini berlangsung dengan sukses di Graha Samudera Ganesha, dan diikuti oleh 18 tim dari berbagai SMA/SMK se-Surabaya Raya. Tujuan Kegiatan Tujuan utama dari penyelenggaraan turnamen ini adalah untuk memberi ruang kepada siswa-siswi SMA/SMK di Surabaya Raya dalam menggali potensi mereka di bidang e-sport, khususnya dalam permainan Mobile Legends.
Selain itu, acara ini bertujuan mempererat hubungan antar sekolah serta mengembangkan keterampilan strategis, kerjasama tim, dan kreativitas siswa melalui kompetisi yang sehat dan mendidik. Ditha Arsya, Ketua HIMAPI Universitas Hang Tuah Surabaya, dalam wawancaranya menyatakan, “Kami ingin menginspirasi siswa-siswi untuk mengembangkan bakat mereka di dunia e-sport, karena ini adalah industri yang terus berkembang. Melalui kegiatan ini, selain berkompetisi, mereka juga bisa belajar tentang teamwork, komunikasi, dan bagaimana menghadapi tekanan dalam suatu pertandingan.”
Proses Kegiatan Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dengan total 18 tim yang masing-masing berkompetisi untuk memperebutkan gelar juara. Pada hari pertama, dimulai dengan babak penyisihan yang diikuti oleh seluruh tim. Setiap tim bertanding dalam format sistem gugur dengan menggunakan metode best of 3 untuk setiap pertandingan, yang artinya pertandingan dilanjutkan hingga salah satu tim memenangkan dua dari tiga permainan. Babak penyisihan berlangsung sengit, karena masing-masing tim mempersiapkan strategi terbaik untuk mengalahkan lawan mereka.




Di babak perempat final, hanya tim yang berhasil menang di babak penyisihan yang melaju untuk bertanding lebih lanjut. Pada babak ini, suasana semakin intens dengan strategi yang semakin matang dan permainan yang semakin cepat. Di babak semifinal, pertandingan semakin seru karena hanya empat tim terbaik yang tersisa untuk memperebutkan posisi final. Para pemain menunjukkan kemampuan maksimal mereka, mulai dari penguasaan hero, komunikasi antar tim, hingga pengambilan keputusan strategis yang menentukan jalannya pertandingan. Hasil Kegiatan Akhirnya, setelah perjuangan keras selama dua hari,
berikut adalah hasil dari HIMAPICUP E-Sport Cup Tournament Mobile Legends :
🏆 Juara 1: Tim Sudah Siap dari SMAK Frateran
yang menunjukkan permainan solid dan taktik yang sangat terorganisir, mengalahkan lawan-lawannya dengan strategi yang terencana dengan baik.
🥈 Juara 2: Tim Speedrocky10 dari SMKN 10 Surabaya
yang mampu bertarung dengan gigih dan memberikan perlawanan sengit di setiap pertandingan, meski akhirnya harus puas berada di posisi kedua.
🥉 Juara 3: Tim Smadors dari SMA Dr. Soetomo
yang tampil konsisten dan berusaha keras untuk meraih kemenangan, sehingga berhasil mengamankan posisi ketiga dalam turnamen ini.



Pesan dari Penyelenggara Pada akhir acara, Ratu Selaku Ketua Pelaksana Turnamen ini menyampaikan, “Kami sangat puas dengan antusiasme yang ditunjukkan oleh peserta. Selain kompetisi, kami juga ingin agar para peserta memperoleh pengalaman berharga dalam berinteraksi dan bekerja sama dengan tim mereka. E-sport tidak hanya soal permainan, tetapi juga tentang membangun hubungan dan keterampilan yang akan bermanfaat dalam kehidupan nyata.” Penutupan dan Harapan Ke Depan HIMAPICUP E-Sport Cup Tournament Mobile Legends ini ditutup dengan acara penganugerahan hadiah kepada pemenang serta ucapan terima kasih kepada seluruh peserta dan pihak yang terlibat dalam kelancaran acara.
Acara ini berhasil berjalan lancar berkat kerjasama yang solid antara HIMAPI dan Universitas Hang Tuah Surabaya, serta partisipasi aktif dari sekolah-sekolah di Surabaya Raya. HIMAPI Universitas Hang Tuah Surabaya berharap bahwa kegiatan ini akan terus berkembang dan menjadi ajang tahunan yang dinanti-nantikan oleh siswa-siswi SMA/SMK se-Surabaya Raya. Ditha Arsya menambahkan, “Ke depan, kami berencana untuk mengembangkan turnamen ini dengan menghadirkan lebih banyak sekolah dan menghadirkan lebih banyak kategori permainan.
Kami ingin memastikan bahwa e-sport menjadi bagian penting dari perkembangan potensi anak muda.” Acara ini juga diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi para pelajar untuk mengembangkan bakat mereka di bidang e-sport, serta menunjukkan bahwa e-sport bukan hanya sekedar hiburan, tetapi juga bisa menjadi karier yang serius di masa depan. Dengan perkembangan teknologi dan industri game yang pesat, peluang untuk berkarier dalam dunia e-sport semakin terbuka lebar.
Universitas Hang Tuah
Excellence in Maritime Education



